Kamis, 01 Oktober 2015

Pangandaran

15 Agustus 2015

“kita bolos aja yuuuu” tiba-tiba aja ita datang ke kelas gue yang kebetulan kelas kita sebelahan dan ngajakin kita buat cabut.
(gue nd ijah Cuma bengong, dan liat-liatan)
“ayo dongg gaess, gue ujian jam setengah 4. Kelar jam berapa? Paling cepet juga setengah 5. Emang keburu nanti busnya?” tambah ita. Karna kelas ita (syariah) dan kelas gue, ijah nd ecy (audit) sama2 jadwal ujian pagi dan sore, siang gada jadwal sama sekali.
“gue sih hayu aja, gue juga belum tau ujian nanti jam berapa mulainya. Dia masuk jam 3 tapi kan pasti kita ashar dulu, ya palingan mulai2 juga sama setengah 4an” sahut gue.
“eh seriusan? Kita ujian ini. Cabut aja?” tambah ijah ragu.
“kenapa?” tanya ecy yang baru datang dan ikutan nimbrung.
“ita ngajakin cabut. Mau ga lu?” jawab gue.

Setelah diskusi panjang lebar, akhirnya kita mutusin buat cabut ber4! Yapsss cabut demi jalan-jalan (yang katanya) terakhir jalan sebelum focus ke skripsi. Jadi intinya sebelum tobat kita nyari masalah dulu hahahaaaaa. Niat awal sih kita emang mau ujian dulu baru jalan, tapi sayang ujian yang sore gabisa dimajuin jadilah kita cabut karna bus kita jalan jam 6. Berdasarkan seraching2 sih bus kita jalan jam 8, tapi kita nyari yang lebih cepetan lagi biar sampe Pangandaran lebih pagi.
para wonder woman (kiri ke kanan) ita, ecy, ijah, gue


Kelar makan siang dan shalat dzuhur sekitar jam setengah 2an, kita langsung cabut dari kampus. Sampe Terminal Rambutan jam 3 lewat, langsung deh kita ke indomart beli jajanan buat diperjalanan setelah beres2 gue nanya2 ke penjaga terminal katanya sih bus dateng jam 5. Horay! Ga sia2 lah kita cabut, jadi keburu bus pertama hahaha. Setelah jajan di indomart kita lanjutin shalat ashar di mushala terminal dan sekalian beres2, udah kelar semua nunggu sekitar 30 menitan bus Jakarta – Pangandaran dateng, langsung deh buru-buru gue nd the geng masuk tuh bus. Berebutan booo ternyata banyak juga yang daritadi nungguin nih bus. Cuma pas masuk busnya ternyata ini bus ekonomi, niatnya mau ac karna perjalanan jauh takutnya engap kalo di bus ekonomi (pengalaman ke wonosobo huhuu) trus gue nd ecy turun deh ke petugas, nanyain ac datengnya kapan dan katanya sih 2 1 (maksudnya ekonomi ekonomi baru ac) lahh nunggunya kelamaan ini mah, kata si bapak2 petugasnya juga nanti kalo udah masuk Bandung dingin gak perlu ac. Okelah jadinya kita tetep pake nih bus. Bus jalan jam setengah 6, dan ternyata bener udah masuk Bandung kesono dingin ternyata hihiiii

16 Agustus 2015

Pagi Pangandarannnnn ………………

Expektasi perjalanan hanya 8 jam, ternyata realita menempuh  11,5 jam amazing banget macetnyaaa. Niatnya mau beres2 di terminal Pangandaran, tapi waktu udah menunjukan jam 5. Kita mampir bentar ke indomart yang deket terminal dan langsung charter angkot ke Green Canyon. Yaps, destinasi pertama kita Body Rafting di Green canyon. Kita pake agent rafting Guha Bau yang sudah kita reserved sebelumnya. Setelah beres semuanya, makan dan bersih2 juga kita prepare buat rafting. Ransel-ransel kita, kita titip di kantor sekertariat Guha Bau. Setelah rapi lengkap dengan alat rafting sekitar jam 8 kita langsung jalan menggunakan pick up dari pintu Green Canyon ke start rafting (Kalo mau pake perahu tanpa rafting bisa langsung masuk dari pintu Green Canyon disini). Trek pas pake pick up lumayan juga jalanannya nanjak dan seru banget buat teriak-teriakan. Setelah turun dari pick up kita dilanjutkan dengan jalan kaki turunan ke arah sungai sampe tiba di start rafting kita yaitu depan gua kelelawar. Konon katanya kata guide kita (pak Ade) kenapa agent kita namanya Guha Bau karna emang kita start dari depan Gua kelelawar yang bau itu makanya namanya Guha Bau hahaha.

Start Rafting Guha Bau
Pas liat airnya bening bangetttt….  aaaaaaaa udah gak sabar pengen nyebur hahahhaa satu persatu kita nyebur ke dalam sungai dan langsung deh kebawa arus seru kocak asli sensasinya dapet banget pertama kalinya maen rafting hihi pengalaman yang unforgettable  banget. Banting sana banting sini kebawa arus, kaki ampe memar kena batu-batuan. Nyusurin arus yang kalo kata pak Ade sih segini kurang kenceng arusnya, gak kebayang kalo lebih kenceng lagi arusnya, gimana kabarnya badan kita? Hahaha. Kaki udah pegel banget rasanya, tapi perjalanan belum seberapa. Setengahnya aja belum kata pak ade mah haha, pokonya ajib banget nyusurin arus kaya gini. Setelah 2 jam perjalanan kita ketemu shelter disini tuh tempat buat ngisi perut, gak macem-macem sih Cuma ada mie gorengan sama teh manis. Lumayan lah buat ngisi perut yang kekuras efek ngarungin arus hihii oya fyi makan disini tuh gausah takut kalo gabawa uang, karna kita dikasih bon bayarnya nanti pas udah keluar Green Canyon kasihin deh bon sama uangnya.

Setelah kenyang makan kita lanjutin rafting lagi, nyusurin air lagi, ngelewatin batu-batuan lagi. Dan yang paling berkesan banget pas rafting tuh yang pas loncat dari batu hahaha walaupun awalnya ragu-ragu pada takut akhirnya pada berani juga, pas loncat dari batu ini kita barengan sama grup lain dan para guide pun gabung mandu kita. Yang loncat pertama ecy kedua ijah dan tiba giliran gue.

“gausah takut loncat aja, kakinya duluan yah” kata guide 1, yang liat gue ragu-ragu.
Byuuurrrr locaaaaaattt !
langsung gue loncat dari atas batu, yang ini masih gapapa dan badan masih kebawa arus lagi.
 “kakinya ke depanin !” teriak guide 2 yang udah dibawah sedari tadi
“tahan nafas!” teriak guide 3 sambil ngedorong ke celah diantara 2 batu gede, dengan air dan arus yang lumayan kenceng.
Dan 
byuuuurrrr !!! mendadak hening. Gada suara. Sepi. Engap.
genggong rafting GC
Huaaaaa gua tenggelemmm kelelepppp… tangan gue berusaha keras buat ke atas dengan cepat. Renang sebisanya.
“butuh oksigen” dalam hati gue
” pake pelampung lin bakalan ngapung lagi” teriak gue dengan yakin dalam hati lagi.
Dan
“yeaaaaayyyy ndaaa bisaaaa! Sini ndaaaa” teriak ecy dan ijah ditepi batu. Yang udah lebih dulu loncat tadi.

Alhamdulillah seru gue dalem hati, alhamdulillah masih bisa nafas. Langsung liat kiri kanan nyari arah suara dan tanpa nyautin omongan ecy gue langsung renang ke arah mereka dan gak lama ita datang dengan posisi sama ditempat gue tadi.

Ah Gila! Ini seru! Gokil parahhh…… seru kita ber-empat kegirangan hahahahaaaaa

genggong rafting GC


Lanjut lagi deh perjalanan rafting kita sampe finish dan dilanjutin pake perahu ke dermaga.
“nah, ini baru Green Canyon” kata pak Ade guide kita
“loh ini, yang tadi apaan pak?” jawab ecy
“yang tadi ya treck rafting, Green Canyonnya ini. Kalo mau ke Green Canyonnya aja bisa pake perahu, gaperlu nyewa alat rafting” kata pak Ade lagi.
“ah tapi ga seru pak, ga nyebur, ga maen aer” jawab gue
“bisa nyebur, tapi bayar lagi nanti. Nyeburnya juga Cuma disini aja sekitaran sini” kata pak ade lagi.

Maksud pak Ade “disini” tuh titik bertemunya orang-orang rafting dan yang pake perahu. Jadi kalo pake perahu gabisa jauh-jauh maen airnya, Cuma sekitaran situ aja. Emang sih pake perahu lebih murah dan rafting tuh biayanya relative mahal, kita aja ber4 satu paket  1 juta hihii tapi kebayar sama sensasinya, keseruannya, pengalaman baru, yang mungkin mikir-mikir kalo diajak rafting lagi. Kecuali gratis hahaha. Kalo pake perahu dan gak rafting, udah sampe titik ini tuh balik lagi ke pintu masuk tadi. Kalo kita baru mulai start pake perahu ya disini buat sampe pintu masuk/pintu keluar Green Canyon yang tadi.

Jam menunjukan setengah 1 siang alhamdulillah setelah mengarungi arus 4 jam akhirnya kelar juga, sampai juga kita dipintu Green Canyon dan langsung kita jalan kaki ke kantor sekertariat Guha Bau, ngambil ransel-ransel kita, badan rentek banget rasanya. Dan walaupun tadi udah makan mie dipertengahan jalan, tapi perut udah berasa lapar lagi haha kita langsung mandi bersih-bersih shalat di toilet umum dekat situ dan balik lagi ke kantor ngambil jatah makan hihi (paket rafting kita sudah include makan siang). Dasar jiwa backpacker ya, tuh jatah makan siang kita bagi dua buat ntar malem hahaha nasi sebakul, ayam, oreg tempe, sambel, lalapan, air minum,  kita bagi 2 wkakakaa trus minta bungkusan sama mbak2nya trus kita bungkus deh tuh nasi sama lauk2nya wkwkwkwkkk sayang kan kalo gak abis? Daripada sisa mending kita bagi dua trus kita bekel sampe abis hahaha.

Setelah kelar makan kita langsung cabut dari Green Canyon dan balik lagi ke terminal Pangandaran, disini kocak banget kita ber4 nebeng pick up hahaha kebetulan pick upnya lewat cijulang, jadi lumayan lah kita nebeng jadi gaperlu ngojeg ke terminal cijulang hihii kalo tadi pagi kita charter angkot dari pangandaran karna emang ngejar waktu juga daripada transit pangandaran-cijulang (angkot 10.000) cijulang-green canyon (ojeg 15.000) jadilah kita charter dengan tariff 100.000 ber4 (sama aja ongkosnya). Nah berhubung kita dapet tebengan green canyon-cijulang jadi lah kita save cost 15.000 haha nah setelah sampe cijulang kita turun dan gak lupa bilang makasih sama si bapak pick up. Setelah turun, kita gak langsung nyari angkot karna gak dicari juga angkot langsung teriak-teriak. Kita niatnya mau nyari tebengan pickup lagi ajalah mendingan biar gratis juga hahaha setelah jalan bentar bapak2 angkot klaksonin terus minta kita naek.

“udah hayu naek aja, goceng sini” kata pak sopir angkot
Waaahhh goceng pikir gue…
“bener ye pak goceng” teriak gue
“iyaaaa hayuu” kata pak sopir angkot

Okelah cuussss, kita ber4 naek angkot si bapak wkwk. Sebenernya mah ya gak tega ngasih goceng, secara cijulang-pangandaran tuh lumayan jauh juga apalagi si bapak sopirnya kocak, selama perjalanan ngoceh mulu ngelawak aja dia dan dia juga ternyata aslinya Jakarta Timur deket Rambutan rumahnya yang katanya ngerantau ke pangandaran jadi tukang angkot hahahahaa

genggong at masjid Agung Pangandaran
Tiba lagi kita di terminal Pangandaran, langsung ke masjid terminal buat ashar dan ngaso. Setelah kelar istirahat kita lanjutin perjalanan ke pantai pangandaran, pengen sore-sore dipantai.

“pak ke pantai pangandaran jalannya ke arah mana ya pak?” tanya gue ke pak James (alias penJAga MESjid hihi)
“pantai mana neng? Barat apa timur?” tanya balik pak james
“pantai barat pak” jawab gue sambil liat peta yang gue bawa, peta itu barang andalan yang wajib gue bawa setiap gue backpacker. gue pilih pantai barat karna di peta itu yang deket dari posisi kita sekarang  (terminal pangandaran) yaitu pantai Barat.
“oohh itu tingggal kesitu aja lurus, bawa mobil?” tanya si pak james
“jalan kaki pak hehehe jauh gak pak?”  jawab gue
“oh jalan, lumayan sih 15-20 menitan kalo jalan kaki” jawab si bapak
“oh deket itu mah, makasih ya pak” jawab gue lagi

Setelah gue ngobrol ama si pak James, gue langsung nyamperin genggong  dan diskusi disini tentang nanti malam mau tidur dimana. Cari aman, kalo kita gak dapet penginapan murah kita nanya dulu sekarang bisa balik lagi gak buat tidur disini? Dan disini giliran ita yang nanya ke pak James. Gatau dialognya mereka gimana pokonya kata ita kita bisa tidur disini haha mungkin si pak James nyesel kali ya nanya gue tadi pake mobil. Boro-boro mobil, tidur aja kita nyari gratisan hahaha.

genggong at pantai pangandaran
Okeh kita lanjutin perjalanan lagi kepantai dengan jalan kaki, sebenernya bisa naek becak tapi berdasarkan info-info di blogger orang sih katanya bisa ditempuh jalan kaki karna gak jauh juga dari terminal jadilah kita mutusin buat jalan kaki aja. Pas masuk gerbang kita langsung dihadang oleh bapak-bapak tiket wkwkwk.

“ini mau pada kemana?” kata pak tiket
“ya ke pantai lah pak” jawab gue
“beli tiket masuk dulu ya, kaya bule aja pada jalan kaki” cetus si bapaknya.
“yee emangnya harus bule aja yang jalan kaki pak… iyah 4 tiket, berapa” jawab gue


Tiketnya murah, Cuma 3000 perorang. Setelah beli tiket kita langsung lanjutin jalan lagi. Sebenernya dari terminal itu udah keliatan gerbang masuk pangandarannya, yang lumayan itu dari gerbang ke pantainya sekitar 15 menitan kita jalan kaki. Setelah sampe dipantai kita langsung duduk-duduk cantik di pasir gak lupa juga selfi-selfi unyu haha disini kita gak maen air, karna jadwal main air hari ini Cuma pas rafting aja. Gak ada sunset disini, karna cuaca pangandaran sore ini mendung dan gerimis dikit juga. Setelah kenyang main-main dipantai kita mutusin buat balik lagi, magrib dulu di mushola pantai dan lanjutin jalan lagi ke masjid terminal hihi pas kita jalan kaki juga banyak yang nawarin penginapan, kita sih kaga kere-kere amat ya gamau tidur di penginapan tapi selama ada yang gratis, why not gitu kan? Hahaha.

Di Masjid

“mau kemana teh?” cewe yang lagi duduk ditangga masjid nyapa gue dan ita.
“mau ke terminal teh. Teteh sama siapa?” tanya gue.
“sendiri hehe. Oh mau ke terminal” jawab dia.
“hah? Serius sendiri? Gabung atuh teh kalo sendiri mah, itu disitu temen kita” jawab gue sambil nunjuk ijah dan ecy yang lagi duduk di teras masjid.
“ini mau ke terminal, mau nanyain bus buat besok. mau ikut gak teh? sekalian beli makan” tambah gue.

Setelah kita ber4 tiba dimasjid gue dan ita langsung jalan ke terminal mau nanyain keberangkatan bus buat besok pulang. Pas mau keluar masjid ada seorang cewe yang lagi solo backpacker nyapa kita, dan gue ajak buat gabung gak lupa juga kenalan namanya ka Ewis dia asli Padang yang lagi ngerantau di Bandung dan backpackeran ke Pangandaran sendirian.
genggong at pantai pangandaran

17 Agustus 2015

“Allahu akbar Allahu akbar….”

Adzan subuh sudah berkumandang. Bergegas gue bangun dan bangunin temen-temen yang lain buat rapi-rapi. Setelah selesai solat dan semuanya rapi jam 6 kita langsung lanjutin perjalanan buat ke destinasi selanjutnya yaitu Pantai Pasir Putih Penanjung. Gak lupa juga mampir ke indomart dan warteg di terminal buat sarapan. Akses menuju Pasir Putih itu kita harus masuk ke pantai Pangandaran lagi, dari pantai Pangandaran kita dilanjutin naek kapal. Pas tiba di gerbang masuk, kirain kita bakalan dipintain tiket masuk lagi eh gak taunya kita cuma dadah-dadahin si bapaknya aja sambil bilang “hey paaaak” si bapak Cuma bilang “ yaa , yaaa“ dengan senyum lebar kita langsung aja masuk hahahhaa mungkin dia masih inget sama kita-kita yang kemaren jadi tanpa dimintain tiket langsung boleh masuk.

Pas tiba di pantai pangandaran kita langsung cusss ke arah kapal buat jalan menuju Pasir Putih.
“hari ini karna 17an kita harus ngehargain yang upacara, jadi kapal boleh nyebrang mulai jam 9. Biasanya mah dari pagi juga udah boleh nyebrang” kata si bapak yang punya kapal
“ohh gitu ya pak, berarti kita nunggu jam 9 dong” tanya gue sambil liat jam dan jarum pendek masih di angka 8.

Sambil menunggu kapal beroperasi kita duduk-duduk cantik di pinggir pantai sambil nikmatin air kelapa muda, aaahhh nikmatnya hihii sambil liat orang-orang pada surfing rasanya pengen banget ikutan surfing tapi genggong  pada gak mau surfing karna ombaknya kenceng banget yoweslah gue juga jadi gak surfing.

Pantai Pasir Putih

Kita ceritanya mau snorkeling di pantai ini, jadi kita sekalian paket snorkeling dengan kapal 50.000/orang. Kecuali ita dan ka Ewis, dia gak ikutan main air disini jadi Cuma bayar kapalnya aja. Ombak 17 agustus di Pantai Pasir Putih ini lumayan kenceng jadi kita main air hanya dipinggir-pinggir pantai, gak berani buat main ke tengah takut kebawa ombak dan gak bisa balik lagi hahaha
Setelah puas main air kita balik lagi ke pantai Pangandaran dengan menggunakan kapal yang sama, tiba di pantai Pangandaran kita pisah dengan kak Ewis yang mau langsung lanjutin perjalanan ke Terminal sedangkan kita harus mandi dulu di toilet pantai.
snorkeling pantai pasir putih penanjung


Terminal Pangandaran

Karna udah kelelahan dari pantai Pangandaran menuju terminal pangandaran kita pake becak. 15.000/becak. Kita langsung nyamperin penjaga terminal buat nanyain kepastian keberangkatan bus.

“ke Rambutan jam berapa ya pak?” tanya gue
“Jam 7, naik Gapuraning Rahayu” kata si bapaknya
“yang lebih cepet gak ada pak?” tanya gue lagi
“ada Budiman jurusan  Kalideres jam 6 sama ke depok jam  5, itu paling cepet” kata si bapaknya
“oh gitu, makasih pak” jawab gue.

Waktu masih menunjukan jam 2 siang. Kita langsung jalan ke warteg yang tadi pagi kita beli sarapan. Makan siang disitu sambil ngecharge juga. Disini kita diskusi buat pake bus yang mana. Meskipun awalnya penetapan bus pulang ini bikin galau dan nimbulin perdebatan, akhirnya kita mutusin buat naik bus arah Depok, karena ke depok  lebih cepat dari bus yang lainnya. Ah akhirnya beres juga. Tinggal nunggu bus pulang. Setelah semuanya kelar, kita langsung ke terminal lagi nunggu bus datang.

“sekarang 17 agustus ya, pantes banyak orang. Pada libur ya” tiba-tiba seorang ibu-ibu ngomong kaya gitu ke gue dan ijah. (ecy dan ita lagi beli makan buat bekel dibus nanti).
“hah? Iyah bu 17 agustus sekarang” jawab gue.
“kan ke Malaysia bisa nyebrang dari pantai pangandaran” kata si ibu dengan muka serius.
(sambil liat-liatan gue dan ijah ketawa geli hahahaha)
“masa buu ? wahh tau gitu tadi sekalian aja, dia (nunjuk ke gue) pengen banget ke Malaysia tuh bu” sambil ketawa ijah jawab pertanyaan si ibu tadi.
“sueee lu hahahahhahaa” jawab gue sambil gak kuat nahan ketawa juga.
 “iyah, para TKW sini kan ke Malaysia lewat Pantai. tapi disana ngomongnya pake bahasa inggris, ga ada yang pake Bahasa Indonesia” jawab si ibu lagi dengan muka serius tanpa senyum sama sekali.
“yahhh dia gak bisa Bahasa inggris bu, jadi gak bisa kesana dong bu? Padahal dia mau banget bu jadi TKW” jawab ijah lagi sambil ketawa ngakak hahahah
“berarti lu harus belajar Bahasa inggris dulu Nda kalo mau ke malaysia hahaha” tambah ijah lagi
(gue Cuma bisa ketawa tanpa ngomong apa-apa)
“disana juga gak ada rupiah, adanya ringgit” tambah si ibu lagi.
“waduh gak ada rupiah, yahhh susah dong bu kan dia gak punya ringgit bu” jawab ijah lagi sambil ketawa dan nunjuk ke gue. hahahah

(sambil ketawa gue mikir maksudnya si ibu itu apa ya? Dia mikir kita pada oneng apa gimana ya? Gue sama ijah gak bisa berenti ketawa hahahhahaaa)

genggong at terminal pangandaran


Tiba-tiba bus AC Budiman jurusan Depok datang, para penumpang yang mau naik bus ini pada berlarian langsung naikin bus. Tapi ita dan ecy belum dateng-dateng juga masih beli makanan. Gue suruh ijah take’in tempat di bus buat kita ber4. Gue jagain tas-tas ita dan ecy. Ijah yang nelfonin ecy biar cepet-cepet beli makannya. Sampe bus keluar terminal ecy ita masih belum datang juga, ijah udah lari ke arah gue.

“kita mau naek bus ini apa gimana?” tanya ijah sambil panik.
“gatau, bocah mana sih? Udah lu telfonin? Tas lu dimana? Busnya dimana sekarang?” tanya gue
“tas gue di bus, busnya udah diluar tuh gue suruh tungguin. Tapi jangan lama-lama kata sopirnya” jawab ijah
“wooooyyyy!” ita dan ecy teriak dan lari-larian ke arah kita.
“lo kemana aja si! Bus udah mau jalan, cepet!” teriak gue sambil bawa tas mereka berdua dan lari ke arah bus sama-sama.

Dan alhamdulillah kita masih bisa naik bus ini, sopirnya masih nungguin kita. setelah tiba di tempat duduk tanpa liat orang-orang sekitar kita seperti biasa malah rame ketawa-ketawa gajelas hahaha. Ternyata ecy beli nasi goreng, dan si abangnya sambil di modusin biar dapetnya banyak katanya. Pantes aja belinya lama dasar bocahhhhh! Tapi bener sebungkus nasi gorengnya dapet banyak hahahhaaaa. Perjalanan kita ditutup dengan gue ijah yang punya cerita kocak sama ibu-ibu terminal, ita ecy punya cerita kocak sama abang tukang nasgor hahahaaaa

(kiri ke kanan) ecy, ka ewis, ijah, gue, ita. genggong with teman baru

(kiri ke kanan) ecy, ita, ijah, gue, pak Ade. genggong with guide
gueeeee haha

2 komentar:

  1. Anjer niat. Panjang ya tulisannya. Gue baca sampe selesai pulak! Gmbls forever lah!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkkk ini perjalanan tergembel gue broh. makanya niat banget nulis ampe kaya novel *panjaaang hahahaha

      Hapus