Rabu, 15 April 2015

Baduy Dalam, Banten

“Jangan bilang backpacker sejati kalo belum pernah melakukan perjalanan ke Baduy”

Tulis salah satu blog yang gue baca. You know gue lah, orangnya gampang banget penasaran. Jadilah gue bertanya-tanya, emang gimana Baduy? Kok dia bisa nulis kaya gitu? Penasaranlah gue, pengen liat dan ngerasain langsung suasana Baduy. Selain gue penasaran dengan tempatnya  gue juga pengen wisata budaya. Mengenal budaya yang masih terjamin keastriannya, mengunjungi salah satu tempat dipelosok Banten yang dikenal dengan budayanya yang kental atau dikenal dengen istilah “primitif”. Setelah di usulin ke temen-temen dan diplanning mateng-mateng jadilah kita jalan, jalan backpackeran bareng tanpa ikut trip. Sebenernya perjalanan ke Baduy ini udah lama banget, dipenghujung tahun 2014. Tapi gue baru sempet buat nulis perjalanan ini sekarang, mungkin ceritanya udah basi tapi kenangan jalan-jalannya ga akan basi kok masih tersimpan rapi dalam memory *halah hahaha

25 Desember 2014
Gue bareng temen gue ber 6 (gue, ijah, ecy, ita, ka ipul, & ka noy) jalan dari Jakarta kamis pagi, kita meeting point di stasiun Tanah Abang dengan menggunakan kereta api jurusan Rangkasbitung yang jalan sekitar jam 8 pagi dari St.Tanah Abang. Senang rasanya, jalan-jalan setelah beberapa minggu mumet karna dipadetin dengan jadwal kuliah & brevet di sabtu minggu. Dan akhirnyaa ada juga tanggal merah, kabur duluu kita dari rutinitas yang melelahkannn. Setelah ga lama menunggu, kereta api yang kita tumpangipun jalan, melaju dengan tenang tanpa teori tanpa basa basi *loh jadi puisi* wkwkwkwkk oke lanjut haha :p kita ber-6 ngobrol sepanjang jalan, seru-seruan bareng. Sampai-sampai ada bapak-bapak yang ngomelin kita saking berisiknya hahaha maaf-maaf yah paaak :D

Setibanya di stasiun Rangkasbitung, hal pertama yang kita cari satu; toilet. Buru-buru deh jalan nyari toilet, setelah beres kita langsung cari ancot arah Aweh terus dilanjutin elf jurusan Ciboleger. Taraaaaaa tiba juga kita dipemberhentian terakhir sebelum melakukan turun naik bukit di Baduy :D pemberhentian ini adalah desa Ciboleger, disini kita ketemu dengan 2 guide kita namanya Pulung dan Mang Arman. Di desa ini juga kita ngisi perut dulu makan siang terus kita cari pembekalan buat kita makan selama dua hari di Baduy (beras, mie, telor, dll). Setelah semuanya beres perjalanan pun dimulai, tujuan kita Cibeo; salah satu perkampungan di Baduy Dalam.

kiri ke kanan (Gue, Pulung, ka Ipul)
Ibarat pendakian, gue disini sweeper haha karna gue jalannya paling belakang bareng Pulung, gue kepoin deh Pulung. Gue tanya2 banyak ke dia, dan dia juga orangnya welcome slalu jawab pertanyaan gue yang berderet kaya wartawan hahaha tapi tenang pertanyaan gue ga aneh-aneh gue cuma nanya seputar budaya Baduy, dari kenapa jalan gak pake alas kaki, gimana bisa baca nulis padahal gak sekolah, gimana kalo pengen keluar jadi warga Baduy, dan lain-lainnya. Dan dia juga cerita tentang perjalanan dia dan ayahnya ke Jakarta tanpa pake alas kaki dan tanpa pake kendaraan. Dan yang cerita dia ke Jakarta itu bikin gue salut, kenapa? Karena meskipun mereka sedang berada diluar wilayah Baduy pun mereka tetap megang teguh budayanya kaya gitu, tetap tidak melakukan apa yang memang dilarang.

Terik matahari yang menyinari hari itu tidak mengalahkan semangat kita untuk tetap melakukan perjalanan, pemandangan yang disajikan dengan hamparan hijaunya pepohonan yang kita lihat sepanjang mata memandang bikin kita makin semangat menaiki menuruni bukit dengan tenang. Keramahan warga Baduy Luar yang kita temui sepanjang perjalanan membuat kita terkagum, apalagi saat melihat seorang wanita muda dan ibu-ibu yang sedang menenun kain kok kayanya gampang banget tapi kalo gue yang nyoba pasti kaga kelar2 tuh hahaha

Langit mulai gelap, tiba sudah kita di Cibeo, dirumah singgah tujuan kita. Langsung kita kesungai, buat bersih2 (walau tanpa bahan2 kimia, sejenis sabun dsb) setelah rapih semuanya kita kembali kerumah singgah mengganti pakaian meluruskan kaki rebahan dan makan malam yang sudah disiapkan oleh pemilik rumah. Sepi, sunyi, tanpa tekhnologi, hanya diterangi oleh lampu tempel dengan cahaya remang-remang. Ah antara indah jauh dari keramayan dan takut dengan kesunyian hahaha V.v

Awalnya gue ngantuk, tidur duluan deh gue. Terus pindah tempat yang tadinya ngumpul bareng temen-temen, gue pindah ke tempat yang kata bapaknya buat tempat cewe tidur. Eh belum gue merem udah denger suara sesuatu yang bikin gue horror dari bawah, gajadi deh gue tidur langsung balik lagi ngobrol-ngobrol bareng temen gue. Eh pas asik-asik ngobrol tiba-tiba liat sessosok orang berbaju dan berambut putih dipojokan, entah itu siapa pemilik rumah ataupun siapapun gue gatau yang jelas itu bikin gue merinding pikiran gue juga kemana-mana eeerrrr…  belum lagi denger suara dede bayi nangis yang ga udah2, haduuhhh itu malam berasa panjang bangeeeeeet …..

26 Desember 2014
Alhamdulillah, setelah melewati malam yang terasa begitu panjang akhirnya matahari menampakan wajahnya yang indah! Ah matahari aku rinduuuuu , senang rasanya hari berganti pagi. Senang rasanya malam kini telah berganti. Rasanyaaaaa legaaaa , setelah selesai melewati malam panjang yang rada sedikit menggetarkan jiwa *haseekk wkwkwkwkkkk. Bukannya gue ga betah, hanya saja suasana malamnya kurang bersahabat buat gue. Kalo untuk pemandangan, udara, keramah-tamahan warga Baduy, itu bikin gue seneng bikin gue nyaman, walaupun kita berada dipemukiman warga tapi bikin gue bener2 menyatu dengan alam jauh dari keramaian kota jauh dari macam-macam tekhnologi yang ada.

Sekitar jam 7 pagi, kita mulai lanjutkan perjalanan pulang. Yeay! Rasanya kangen kasuuurr kangen mandiiiiiiii hahahahaa , perjalanan yang kita lewatin sekarang berbeda dengan perjalanan kemarin. Sekarang kita lewat jalan yang ada danaunya, walaupun ga seindah telaga warna di Dieng namun danau ini memiliki keindahan tersendiri, airnya yang jernih dan tenang yang dikelilingi dengan pepohonan yang rindang. Ah memang benar, kita tidak akan melihat keindahan sesuatu kalau kita belum menikmatinya langsung.

Sesampainya di Ciboleger kita dilanjutkan dengan makan, rapi2, dan perjalanan pulang menggunakan elf! Dan kita (gue, ecy, kaipul, kanoy) naik di atas elf! Yeeeaaay hahaaaa .. seru banget, berasa naek roller coaster , belum lagi ujan-ujanan diatas elf. Unforgettable moment bangettttt :D

Thanks kawan, untuk liburan dipenghujung tahun kemarin :)