Selasa, 14 April 2015

Gunung Ciremai

Ceritanya edisi kangen gunung efek 1 semester fakum dari jalan-jalan haha jadilah gue nd genggong planning naek buat ke Ciremai. Berdasarkan cerita-cerita temen gue yang pernah kesana ataupun cerita dari blog yang gue searching sebelumnya ini gunung mistis banget dan treknya lumayan juga. Awalnya sih rada takut Cuma ya wallahualam, kita tetap lakukan pendakian ke gunung ciremai dengan jalur Palutungan.

2-5 April 2015. Yaps hari yang ditunggu-tunggu tiba! Tim gue yang tadinya ber9 berkurang satu karena ada yang batal gara-gara kecelakaan hikssss. Jadilah kita jalan ber 8 (gue, ijah, ecy, ita, mba mideh, mba titik, ka adip dan ka sofwan) kita meeting point di Rambutan, kumpul kamis malam jam 10. Setelah semuanya rapi baru kita lanjutin naek bus arah Kuningan. Kita tiba di basecamp sekitar jam 12 siang, dilanjutin dengan ngurus perijinan, bersih2, rapih2, makan, abis itu mulai melakukan pendakian sekitar jam 2 siang (dengan cuaca yang diturunin hujan).
Hutan Pinus

3 April 2015
Pendakian dimulai, saat pertama kali masuk jalur pendakian kita melewati perkebunan warga dilanjutkan dengan memasuki kawasan hutan pinus yang keren abis. Dengan ditemani rintikan hujan yang menemani perjalanan kita, pendakian kita dilakukan dengan agak santai karna trek dijalur ini juga lumayan landai. Tapi dengan jalanan yang licin dan rasa lelah yang tiba-tiba datang kita melakukan istirahat beberapa kali untuk sekedar meluruskan kaki atau menengguk air yang kita bawa. Jalur dari basecamp Palutungan ke Pos 2 (Cigowong) itu cukup panjang, kita yang tadinya berniat mau camp di pos 4 ternyata ga keburu. Tiba di pos 2 aja kita sekitar jam 6 lewat dan kita memutuskan untuk nenda disini.

4 April 2015
Niatnya kita mau lanjutin nanjak subuh, tapi ternyata tidur kita kenyenyakan ampe bablas bangun pagi hahaha. setelah kelar ngisi perut pagi dan prepare barang apa aja yang perlu dibawa kita siap melanjutkan perjalanan ke Puncak. Ya, Puncak!  Kita (cewe2nya) ga bawa apa2, yang cowo bawa makanan sama jas ujan hehehe dan tenda beserta isinya kita tinggal dipos karna kita nanti balik dan camp lagi disini buat malam keduanya. Sekitar jam 7 kita mulai melanjutkan pendakian alhamdulillah pagi ini cukup cerah, Cuma emang jalanan masih agak licin bekasan hujan kemaren. Tapi ga bikin semangat kita pudar, kita tetep semangat lanjutkan pendakian. Pos demi pos kita lewatin, makin atas tanjakan makin terjal. Apalagi pas ngelewatin Pos Tanjakan Asoy, dari namanya aja udah ketauan gimana tanjakannya. Bayangin aja sendiri gimana tuh treknya ya :) haha

Dengan prediksi kita kalo di goa wallet itu ada air kita dengan tenang bawa air 4 botol dari tenda, di tengah jalan air mulai menipis karna hanya 4 botol untuk 8 orang hehehehe sedangkan untuk ke puncak aja kita harus melewati 7 pos dengan medan yang lumayan terjal yaa yaaa terjaaalll (bdw linggarjati gimana ya?-,-)

Tengah2 perjalanan antara Goa Wallet & Sanghiang Ropoh
Setelah beberapa pos yang kita lewatin sampai tiba di pos Sanghiang Ropoh kita mulai ketemu pendaki2 yang turun dan berdasarkan info dari mereka bahwa persediaan air di goa wallet abis, dan kita dapat sebotol air juga dari pendaki itu (makasih pak buat airnya :)) langsung deh gue infoin ke kepala suku (ka Sofwan) kalo katanya persediaan air di goa wallet abis, awalnya kita masih rada kurang yakin kita tetep lanjutin nanjak. Niatnya mau sampai Goa Walletnya, pengen liat dulu kalo emang beneran airnya udah abis kita ga muncak tapi kalo masih ada ya kita muncak. Tapi, hampir semua pendaki yang turun memberikan informasi yang sama; air di goa wallet habis. Ditengah2 perjalanan antara Sanghiang Ropoh dan Goa Wallet kita berhenti, mengambil langkah yang harus kita lakukan. Kepala suku minta kita buat turun lagi, karna percuma kalo kita tetep lanjutkan pendakian ke Goa Wallet karna disana ga ada air dan kita Cuma punya air pemberian pendaki tadi. Dan kita gunakan sisa tenaga kita yang masih ada buat turun lagi, karna kita benar2 kehabisan air. Kalo kita tetap lanjutkan perjalanan, entahlah.. takutnya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Walaupun pendaki-pendaki rombongan lain meminta kita buat tetap muncak karna sekitar 2 jam lagi buat bisa sampe puncak dan kalo kita turun lagi “sayang” kalo mereka bilang. Tapi apa boleh buat, kita 1 tim naik bareng turun juga bareng. Berat memang, turun disaat puncak sudah terlihat didepan mata tapi kita belum menggapainya. Kita bukan menyerah, kita hanya tidak mau mengambil resiko diluar kemampuan kita. Puncak bukan tujuan, yang penting kembali dengan selamat. Mungkin quotes ini benar-benar sedang kita rasain. Disaat kita mengambil langkah, mengambil keputusan yang berat tapi untuk kebaikan bersama. Pendakian kali ini benar2 penuh pembelajaran.

Setibanya di pos Arban hujan turun langsung deras, jalanan makin licin seketika dan gelap juga karna cuaca mendung dan hujan. Ah ada untungnya kita turun lagi tadi. Mungkin kalo kita tadi melanjutkan muncak, kita baru tiba diPuncak dengan cuaca gelap dan hujan yang sederas ini. Belum lagi pas kita sampe tenda, 1 tenda dalamnya sudah basah kena rembesan air mungkin kalo kita masih di atas bukan Cuma 1 tenda yang ga terselamatkan tapi 2 tenda kita yang lain. Alhamdulillah *slalu ada hikmah disetiap kejadian. ambil hikmahnya aja* :)

5 April 2015
Setelah semalaman diguyur hujan yang tak kunjung reda, pagi ini masih terlihat awan yang mendung kurang bersahabat. Kita bangun jam 6 pagi prepare buat turun. Masak, packing, bongkar tenda, dan semuanya. Setelah semuanya kelar kita lanjutkan perjalanan turun, dengan semangat turun yang luar biasa hahaha

Setibanya di basecamp, Alhamdulillah.. baru kali ini ngerasain turun gunung disambut di basecamp kaya orang hajatan wkwkwk bapak2nya nyambut pake mic speaker  gitu ngucapin selamat datang hahaaa , tempat istirahat dan fasilitas kamar mandinya nyaman, dapet makan pula (mungkin ini yang bikin simaksi ciremai mahal).

Sebenernya masih banyak yang belum diceritain. Dari mulai kita ketemu Edelweiss si bocah 1 tahun 4 bulan yang ikut mendaki bareng ibu bapaknya, dari kita dapet 1 botol air lagi pas kita turun jadi kita punya 2 botol air, dari kita maen Uno malem2 dan gue diserang semuanya efek menang mulu dan akhirnya kalah juga tapi kalahnya karena menyerah ya bukan kalah beneran wee :p, dari kita tidur dempet2an efek dua tenda dibikin satu karena yang satunya basah, dari orang yang minta foto bareng, dari orang yang dengan pedenya ngasih nomer (bukan minta nomer) hahahaaa

eh bdw gue ga nemu mistisnya nih disini hihiiii , alhamdulillah :D

My Team (kiri ke kanan) ka Adip, ka Sofwan, Ijah, Ecy, mba Titik, Gue, Ita, mba Mideh (depan)